Baru 46 Pasar Rakyat yang Dapat Sertifikat SNI hingga akhir 2020


 Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memberikan sertifikat SNI Pasar Rakyat 2020 ke tiga pasar. Ke-3 pasar itu ialah Pasar Cipanas di Cianjur Jawa Barat, PAsar Atas Baru di Cimahi Jawa Barat, dna Pasar Karangjati di Semarang Jawa tengah.

Beberapa Keuntungan Bermain Judi Ayam Online

Dengan begitu, terdaftar telah ada 46 pasar yang terima sertifikat SNI Pasar Rakyat, dari keseluruhan 5.264 pasar yang dibuat dan direvitalisasi oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).


"Pasar yang mendapatkan sertifikat SNI pasar rakyat s/d 2020 yakni 46 pasar di 11 propinsi. Jumlah itu masih sedikit dibanding dengan keseluruhan 5.264 pasar yang dibuat dan direvitalisasi oleh Kementerian Perdagangan sepanjang masa 2015 sampai 2019, dalam jumlah pasar raya di semua Indonesia sekitar 15.657 pasar," terang Agus Suparmanto pada acara Penyerahan Sertifikat SNI Pasar Rakyat, Senin (21/12/2020).


Ini, lanjut Mendag, jadi rintangan di depan untuk menggerakkan implementasi SNI Pasar Rakyat secara rata di semua Indonesia. Berkenaan sama ini, Mendag menghargai pemda di tempat yang ikut memberikan dukungan pengiringan pasar rakyat di daerahnya.


"Loyalitas dari pemda, pengurus dan pedagang pasar benar-benar dibutuhkan untuk jaga stabilitas kualitas pasar secara berkepanjangan. Hingga menjadi contoh untuk pasar dan lain untuk mengaplikasikan SNI Pasar Rakyat," kata Agus.


Awalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengakhiri revitalisasi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta.


Revitalisasi itu mempunyai tujuan untuk tingkatkan peranan pasar selaku fasilitas perdagangan rakyat hingga jadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, teratur, lebih estetis (tidak kumuh), dan jadi penggerak pemercepatan perbaikan perekonomian lokal yang terimbas wabah Covid-19.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, ide revitalisasi Pasar Prawirotaman masih memprioritaskan beberapa prinsip konservasi bangunan gedung cagar budaya. Dengan demikian, kecuali selaku pusat aktivitas ekonomi, Pasar Prawirotaman diinginkan menjadi tempat wisata di Kota Yogyakarta.


Ditambah posisinya ada di teritori Malioboro dan Keraton Yogyakarta dengan teritori rekreasi Pantai Parangtritis.


"Ide revitalisasi pasar disamakan dengan peranan kota selaku kota arah rekreasi dengan kesesuaian lingkungan dan menjaga kearifan lokal dimulai dari step rencana sampai pembangunan dengan menyertakan pemda," kata Menteri Basuki, Jumat (13/11/2020).


Revitalisasi Pasar Prawirotaman mulai ditangani semenjak 15 Oktober 2019 dengan penyuplai layanan kontruksi lokal. Salah satunya PT Putra Jaya Unggulan selaku Kontraktor Eksekutor, dan PT Arss Baru dan PT Wastu Anotama (Kerja Sama Operasi/KSO) selaku Manajemen Konstruksi. Cakupan kerjanya mencakup perbaikan secara detail dengan bujet sejumlah Rp 67,7 miliar.


Bangunan pasar terbagi dalam 5 lantai dengan kemampuan 619 kios dan los. Lantai paling bawah (lantai dasar) dibuat untuk pasar tradisionil berbentuk 4 los dan parkirkanan memiliki seputar 385 unit motor dan 8 mobil.


Lantai I untuk 13 kios dan 185 los, lantai II untuk 265 los, lantai III untuk 152 los, dan lantai IV akan digunakan untuk co-working ruang yang pembangunannya ditangani oleh Pemerintahan Kota (Pemerintah kota) Yogyakarta.


Sekarang ini, Pasar Prawirotaman tengah masuk step sertifikasi untuk memperoleh sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) dan Sertifikat Laik Peranan.


Pasar yang berada seputar sekitar 2,5 Km dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan seputar 15,6 Km dari Lapangan terbang Internasional Adisucipto Yogyakarta ini sudah diperlengkapi instalasi perlindungan kebakaran, lift dan travelator, instalasi penangkal petir, genset, pengendalian sanitasi dan air bersih.


Polisi membekuk preman pemalak pedagang di Pasar Tanah Abang yang sempat trending di sosial media.


Postingan populer dari blog ini

Passionate Embrace

Yet before Hyung-soo can be reduced to eyes

have actually huge bushy or even well-trimmed brows